7 Jajanan Pasar Yang Tidak Mudah Basi Dan Enak

5 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi

Jajanan pasar yang didominasi dengan kue-kue basah yang dibuat dari kelapa dan tidak mengandung pengawet. Hal ini membuat jajanan pasar menjadi cepat basi dan hanya mampu bertahan beberapa jam saja. Tapi ada beberapa jajanan pasar yang dapat bertahan beberapa hari. Berikut ini beberapa pilihan jajanan pasar yang tidak mudah basi dan enak adalah:

  1. Lemper

Lemper yang merupakan jajanan tradisional yang seukuran genggaman tangan berbentuk persegi panjang dan dibungkus daun pisang serta memiliki aroma yang khas. Lemper dibuat dari beras ketan dan dimasak dengan santan kelapa. Kemudian diberi isian daging cincang, serundeng atau ayam suwir.

Walau lemper termasuk makanan basah namun lemper ternyata mampu bertahan hingga 2 sampai 3 hari jika disimpan dalam suhu ruang. Sehingga lemper termasuk dalam jajanan pasar yang tidak mudah basi.

  1. Bikang

Bikang yang merupakan kue tradisional yang memiliki ciri khas warna-warna yang mencolok. Bikang dibuat dengan bahan utama tepung beras. Kue bikang sendiri memiliki rasa manis dan juga gurih. Kita dapat menemukan bikang ini dipasar tradisional.

Bikang merupakan kue tradisional khas Jawa Tengah. Dan bikang juga ternyata termasuk pada jajanan pasar yang tidak mudah basi. Kue bikang mampu bertahan hingga 2 hari apabila disimpan ditempat atau wadah yang tertutup rapat.

  1. Sale Pisang

Sale Pisang yang merupakan jajanan tradisional yang dapat ditemukan di pasar. Sale pisang merupakan makanan yang terbuat dari pisang yang diolah dengan cara di penggaraman serta pengeringan.

Pisang yang sudah melalui proses ini kemudian di goreng dan menjadi makanan ringan yang tahan lama. Dan jika kita dapat melakukan penyimpanan dengan benar maka sale pisang ini dapat bertahan sampai satu bulan bahkan bisa lebih.

  1. Keripik Singkong

Keripik Singkong yang merupakan jajanan tradisional yang biasa ditemukan di pasar.  Keripik singkong merupakan makanan ringan yang dibuat dari singkong yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng hingga kering dan krispi.

Dengan kandungan air yang sedikit membuat keripik singkong mampu bertahan lama dan lebih lama lagi jika disimpan diwadah yang tertutup rapat dan kedap udara menjadikannya mampu bertahan sampai berbulan-bulan.

  1. Kue Serabi

Kue serabi yang merupakan salah satu jajanan tradisional yang dapat ditemukan dipasar. Kue serabi dibuat dari bahan utama tepung beras dan santan. Kemudian dibuat dengan cara dipanggang pada sebuah cetakan berbentuk bulat datar dan dibakar diatas arang sehingga memberikan aroma yang khas.

Selain itu juga kue serabi memiliki berbagai macam toping yang dapat dipilih seperti cokelat,  keju dan orginal. Dan jika menyimpan kue serabi ini dengan cara yang benar, kue serabi mampu bertahan hingga 5 hari bahkan hingga 7 hari.

  1. Kue Cucur

Kue cucur yang merupakan jajanan pasar yang menjadi salah satu favorit jajanan tradisional. Kue cucur dibuat dari tepung beras dan gula merah atau pandan. Rasanya yang gurih dan manis serta bentuk bulat yang gembung menjadi daya tarik kue cucur. Dan kue cucur ini mampu bertahan hingga 3 hari.

  1. Kue Tok

Kue Tok atau kue ku yang merupakan salah satu jajanan tradisional yang biasa ditemukan di pasar. Kue yang memiliki warna mencolok yakni warna merah dengan isian kacang hijau yang ditumbuk. Bentuknya yang seperti tempurung kura-kura menajdi ciri khas dari kue ini. Kue ini ternyata mampu bertahan hingga 3 hari jika disimpan di lemari pendingin.